Apr 22, 2014

Apr 19, 2014

Swap Internal Storage dan External Storage di Nokia X Family

  3 comments
Masih saja saya asik sendiri meng-oprek si X ini terutama bagian vital (system) nya hehe
nah banyak yang bertanya-tanya gimana sih cara menyimpan data ke External storage di Nokia X?? ya karena si X ini secara default menyimpan data di internal storage dan itu tidak bisa di ubah pengaturannya...
nah tapi tenang saja bagi kalian yang sudah melakukan ROOTing pada si X maka semua itu bisa teratasi dengan cara SWAP si internal menjadi external, dan sebaliknya.. WOW! jadi kalau ane pakek sdcard sebesar 32Gb terus memory internal si X jadi 32Gb dong gan?? Yap! kurag-lebih begitulah :)

Oke langsung saja ya nih pertama-tama bahan yang dibutuhkan adalah sbb:
1. Nokia X yang sudah di ROOT
2. SDcard
3. Root Explorer, atau di tutor ini saya menggunakan Solid Explorer silahkan download disini

Caranya
1. Buka solid explorer nya
klik menu Jump -> Quick config -> ceklis Mount r/w, lalu klik Device -> pilih System root

2. masuklah ke folder system/etc/ dan cari 2 buah file bernama vold.emmc.fstab dan vold.fstab



3. Buka vold.emmc.fstab dulu, pilih Open as -> Text file -> SE TextEditor
setelah terbuka dengan text editor scroll ke bagian paling bawah disitu akan ada 2 baris script seperti ini

dev_mount emmc /storage/sdcard0  21  /devices/platform/msm_sdcc.3/mmc_host/mmc0
dev_mount sdcard /storage/sdcard1 auto /devices/platform/msm_sdcc.1/mmc_host

nah silahkan di ubah menjadi seperti ini

dev_mount emmc /storage/sdcard1  21  /devices/platform/msm_sdcc.3/mmc_host/mmc0
dev_mount sdcard /storage/sdcard0 auto /devices/platform/msm_sdcc.1/mmc_host

setelah itu klik tombol save yang ada di pojok atas



4. Sekarang buka vold.fstab, pilih Open as -> Text file -> SE TextEditor
setelah terbuka dengan text editor scroll ke bagian paling bawah disitu akan ada 3 baris script seperti ini

dev_mount sdcard /storage/sdcard1 auto /devices/platform/msm_sdcc.1/mmc_host
dev_mount emmc /storage/sdcard0  21  /devices/platform/msm_sdcc.3/mmc_host/mmc0
#dev_mount emmc /storage/emmc 19 /devices/platform/msm_sdcc.3/mmc_host/mmc0

kita abaikan bari terakhir/ ke-3 karena kita hanya akan mengubah baris ke-1 dan 2, ubah menjadi seperti ini

dev_mount sdcard /storage/sdcard0 auto /devices/platform/msm_sdcc.1/mmc_host
dev_mount emmc /storage/sdcard1  21  /devices/platform/msm_sdcc.3/mmc_host/mmc0

setelah itu klik tombol save yang ada di pojok atas



5. Sekarang Reboot/ Matikan ulang si X nya

6. Setelah hidup kembali silahkan cek storage internal nya akan ter-SWAP dengan external :)



dan kini segala penyimpanan data baik untuk bluetooth, camera/video, screenshot, download akan secara otomatis tersimpan di sdcard nya

Selamat mencoba :)

Dilarang Copy-Paste konten untuk di share ulang TANPA se-izin penulis!

“Be a Smart & Creative Blogger!”

Copyright © Agung Pambudi

Apr 14, 2014

Cara Flashing Nokia X (Memperbaiki Nokia X yang Bootloop)

  42 comments
Oke selagi ada waktu luang kali ini saya mau share bagaimana cara untuk flashing Nokia X.. ya ini sangat membantu sekali terutama kalau salah oprek hingga menyebabkan device matot hehe

1. Langsung saja pertama download dulu beberapa tools di bawah ini
Nokia Care Suite
Nokia Data Package Manager

2. Lalu install kedua software tersebut..

3. Sekarang pada device buka menu Settings-> About phone-> catatlah Model serta Product code nya

4. Lalu buka Nokia Data Package Manager untuk men-download dahulu firmware si Nokia X nya

5. Masukkan Product type dengan Model dan Product code yang sudah di catat tadi lalu klik tombol Search

6. Setelah itu akan muncul firmware yang sesuai dengan Nokia X kamu, lalu klik tombol start download (yang seperti tombol Play)

*apabila mengalami error saat download maka ulangi langkah ke-6
**apabila aplikasi ke close maka ulangi langkah ke-4 sd ke-6
***ini tidak masalah karena proses download akan langsung me-resume tidak mengulang dari awal

7. Apabila telah selesai sekarang buka aplikasi Nokia Care Suite nya

8. Lalu klik 2x pada Product Support Tool For Store


9. Akan muncul pop-up seperti ini, klik saja Work offline yang di bawah

10. Lalu pilih menu File-> Open product



11. Saat muncul pop-up filter product isikan RM-980, setelah muncul lalu klik Open

12. Sekarang lihat bagian bawah, klik Programming-> pilih Recovery

13. Nah maka akan langsung mendeteksi firmware yang sudah kita download tadi, lalu klik tombol Start


14. Sambil menunggu verifikasi, matikan si Nokia X nya


14. Setelah muncul pop-up seperti ini ikuti saja perintahnya



*versi indo
1. Putuskan sambungan apaun lalu matikan device nya
2. Tekan tombol Volume down (-) bersamaan dengan tombol Power
3. Setelah device bergetar lepaskan hanya tombol powernya saja, dan tunggu sekitar 15 detik lalu lepaskan juga tombol Volume nya
4. Hubungkan device dengan PC lalu klik tombol Retry

15. Driver flash si nokia akan otomatis terinstall


16 dan aplikasi akan melakukan flashing pada device

*WARNING
jangan sampai mati listrik atau kehabisan baterai laptop ya..

17. Masih proses sabar saja bisa seduh kopi dulu :D


18. SUCCESS!! akhirnya proses flashing pun selsesai :)


19. Lalu tinggal nyalakan saja si X nya
20. dan sekarang si X pun sudah segar serta pulih seperti semula :)

selamat mencoba :)

but, ALWAYS DWYOR (Do WiTH YouR oWN RiSK)
saya tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan maupun dosa yang anda perbuat hehe :p

sumber ilmu

Dilarang Copy-Paste konten untuk di share ulang TANPA se-izin penulis!

“Be a Smart & Creative Blogger!”

Copyright © Agung Pambudi

Apr 10, 2014

Cara Mudah Install Google Apps di Nokia X (Full Beserta Sync Google Accounts)

  1 comment
Oke sesuai janji pada artikel sebelumnya mengenai bagaimana cara mudah melakukan rooting pada Nokia X, kini saya akan berbagi cara bagaimana untuk dapat menginstall aplikasi Google beserta cara sinkronisasi akun Google yang tidak bisa di Nokia X.
Memang Nokia X ini android tapi tidak ada sama sekali fitur untuk menggunakan Google Apps maupun Google Accounts hhehe tapi tenang saja apabila sudah di ROOT semuanya bisa terjadi :)

Sebetulnya saya juga hanya melakukan share ulang ilmu yang saya dapat dari om Kashamalaga (senior member-xda dev) yang sudah share cara-caranya dan saat saya coba ternyata WORK 100%, YESS :D

Oke langsung saja pertama-tama download dulu bahan-bahannya disini
1. NokiaX_Gapps_KashaMalaga_28.02.2014.zip (ini yg penting/wajib)
2. NokiaX_SomeGoogleApps.zip (ini hanya aplikasi Google tambahan saja)

lalu download aplikasi Solid Explorer yang sudah saya sediakan disini (*click)
setelah itu esktrak file NokiaX_Gapps_KashaMalaga_28.02.2014.zip kedalam satu folder, dan copy kedalam sdcard

buka aplikasi Solid Explorer nya, pilih Jump-> Quick config-> dan centang pada Mount r/w


Lalu buka folder yang dibuat untuk hasil ekstrak GApps tadi lalu klik Actions-> Select all,
pilih Actions lagi-> Copy


setelah itu klik lagi Jump-> Device-> System root, buka folder system/app
klik Actions-> Paste, dan semua aplikasi Google akan terinstall di System (secara otomatis permissionsnya akan ter-set menjadi rw-r-r apabila mengikuti tutorial ini dengan teliti)


setelah itu matikan dan hidupkan ulang Nokia X nya, dan Google Apps sudah berhasil di install, dan juga bisa langsung melakukan setup dan mengsinkronkan dengan Google Accounts


Untuk beberapa aplikasi yang belum tersedia seperti Google Maps, Google Now dsb silahkan ekstrak file NokiaX_SomeGoogleApps.zip kedalam satu folder lalu copy-kan ke sdcard, dan buka folder tsb dengan Solid Explorer dan lakukanlah instalasi manual seperti menginstall file .apk secara biasa.

Selamat mencoba :)

Dilarang Copy-Paste konten untuk di share ulang TANPA se-izin penulis!

“Be a Smart & Creative Blogger!”

Copyright © Agung Pambudi

Cara Mudah Root Nokia X (FW v10.0.3 dan v11.1.1)

  6 comments
Hallo, salam blogger dan androiders :)
Kali ini saya mau share bagaimana cara mudah melakukan ROOTing untuk android Nokia X..
Tapi sebelumnya perlu diketahui bahwa ini akan menghilangkan garansi pada Nokia X kamu...

Sebetulnya saya dapet ngilmu dari om Kashamalaga (senior member xda-dev) dan akan saya share ulang menggunakan bahasa Indonesia supaya mempermudah hhe :D

Oke, langsung saja pertama-tama silahkan download bahan-bahan yang dibutuhkan disini (*click)
setelah di download lalu esktrak, di dalamnya akan ada dua buah folder:
1. KingRoot_NokiaX_Mod
2. NokiaX USB Drivers

selanjutnya masuk ke menu Settings-> Security-> dan centang pada Unknown sources



lalu tekan tombol kembali, dan cari Developer options-> centang pada USB debugging



setelah selesai, koneksikan Nokia X dengan PC, ubahlah mode koneksi menjadi USB memory (lihat yang diberi tanda kotak merah), dan tunggu hingga drivernya terinstall di PC


*jika masih tidak terinstall silahkan install manual via device manager di PC, dan pilih driver yang tersedia dalam folder NokiaX USB Drivers tadi

Selanjutnya buka folder KingRoot_NokiaX_Mod tadi dan jalankan aplikasi SuperRoot.exe





tunggu sejenak karena program akan melakukan deteksi device yang terhubung

Jika sudah maka akan muncul seperti gambar dibawah ini, langsung saja klik tombol ROOT


Pada tahap ini silahkan sediakan cemilan sambil menunggu proses ROOTing yang sedang berjalan


dan akhirnya, TAARAAAA... Nokia X kamu sudah berhasl di ROOT, klik tombol Finish dan device akan melakukan Reboot/Restart, lalu cabut kabel USB nya



dan silahkan di cek aplikasi SuperSU nya akan muncul di home


Selamat mencoba :)

*artikel selanjutnya akan membahas bagaimana cara menginstall Google Apps secara lengkap dan dapat berjalan 100% pada Nokia X


Dilarang Copy-Paste konten untuk di share ulang TANPA se-izin penulis!

“Be a Smart & Creative Blogger!”

Copyright © Agung Pambudi

Apr 8, 2014

Nokia X Sudah Mendapatkan Update!

  No comments
WOW kabar gembira bagi pengguna Nokia X,  smartphone android Nokia yang belum saja dipasarkan secara umum di Indonesia ini kini sudah mendapat pembaharuan system lagi, apa saja perbedaannya? oke mari kita simak

pertama kali membeli Nokia X apabila di cek di About phone akan menampilkan detail sebagai berikut


Terlihat pada screenshot di atas, Software version saat pertama membeli Nokia X masih versi 10.0.3 dan Platform version masih versi 1.0
nah dan setelah di update akan menjadi seperti ini, jreng...jreng...


Nah pembaharuan terdapat pada Software yang terbaru ialah versi 11.1.1 dan Platform sudah versi 1.1

untuk fitur nya sendiri yang terbaru ialah kita bisa merubah warna tiles pada aplikasi pihak ketiga yang ter-install

untuk fitur lainnya masih sama seperti pada versi sebelumnya, namun ada sedikit pengingkatan performa untuk si Nokia X ini :)

bagi yang ingin melakukan cek update silahkan ke menu Settings-> About phone-> System updates-> pilih Check now
Ket: Bisa/tidak nya Nokia X agan mendapatkan update itu tergantung providernya juga

Selamat mencoba :)


Dilarang Copy-Paste konten untuk di share ulang TANPA se-izin penulis!

“Be a Smart & Creative Blogger!”

Copyright © Agung Pambudi

Apr 7, 2014

[Review] Nokia X - The Nokiandroid Smartphone!

  2 comments
Kata pembuka selalu jadi hal yang saya bingung saat mau coret-coret di blog -_- maklum bukan puitis hhe
Langsung aja ya jadi ane mau sedikit review mengenai si androidnya Nokia ini setelah ane pake selama 3 hari (terhitung dari tgl 4 - 7 April 2014) sebetulnya ni hp juga dapet gratisan setelah mengikuti challenges dari acara DVLUP Porting Day Indonesia, thanks #DVLUP thanks #NokiaIndonesia :)

setelah mengucapkan terima kasih saya juga sebelumnya meminta maaf sama Nokia karena saya mau review nya blak-blak'an apa adanya sepengalaman pemakaian saya hehehe :|

langsung saja deh daripada makin ngawur, nih gan/sis monggo di simak :)

Spesifikasi lengkap Nokia X silahkan cek di GSM arena

Product code
ada 3 macem Product code Nokia X yang meluncur ke Indo, yg membedakan cuma Importirnya saja, yaitu
  1. 059T991: RM-980 NDT APAC ID ERA => Importir PT. Erajaya Swasembada, TBK.
  2. 059T992: RM-980 NDT APAC ID PAR => Importir PT. Parastar Echorindo
  3. 059T993: RM-980 NDT APAC ID TRI => Importir PT. Trikomsel Oke, TBK.
Product code tsb bisa kamu cek di menu Setings -> About Phone

Product model : RM-980
*maksudnya kalau seperti Xperia ray itu "st18i" atau galaxy young itu "GT-S5360"

Product name: Nokia X Dual SIM
Software version: 10.0.3
*kalau saya cek di Nokia Data Package Manager sih sudah ada update versi 11.1.1


Platform version: Nokia X software platform 1.0
Android Version: Jelly Bean 4.1.2
Internal storage: 1321Mb (ini saya hitung dari menu Manage Apps ->Downloaded)
RAM: 512Mb *tapi kalau di cek Running Apps sekitar 380Mb-382Mb (naik turun gajelas)

Isi dalem dus Nokia X (Unit, Batere, Kitab Petunjuk, Kartu Garansi, Earphone, Charger)
Dus nya gan (dapet bonus sticker BBM Preloaded :v )
Nokia X nya, gagah dan berani serta seksi karena warna putihnya 8)
Baterai dan bagian belakang
Kitab-kitab
earphone dengan kualitas sama seperti earphone nokia lainnya, cuma warnanya chibi-chibi huehe
chargernya juga sama, kabelnya enak puanjang sangat membantu terutama buat yang suka ng'charge sambil tiduran :v


Beberapa kelebihan plus kekurangannya (review pribadi loh)
  1. dengan harga di bawah 2jt Nokia X ini boleh jadi pilihan di kelas low-end 
  2. kapasitas batere lumayan deh 1500mAh (saya sendiri dengan paket data yg always ON sehari bisa 2x charge)
  3. dual SIM dual ON, SIM 1 nya 3G/HSDPA dan SIM 2 nya mentok di 2G/EDGE
  4. bentuknya pas, gak mainstream, dan beratnya pun terasa pas, tapi bagian kiri dan kanan body-nya yang kotak bisa bikin cepet pegel kalau kita pegang kelamaan
  5. namanya juga Android, pemakaian berlebihan biasanya cepet panas, tapi ini panasnya masih normal deh belum pernah sampai overheat dan nge'restart sendiri
  6. touchscreen masih terasa kurang responsif, kalau di geser-geser atas bawah akan terasa delay-nya, gatau ini memang dari segi kualitas touch/layarnya atau memang bugs pada firmwarenya, atau hanya perasaan si penulis saja :v
  7. kualitas speaker sama lah ama product-product nokia lainnya (tapi kalau di bandingin sama Lumia sih jelas lebih bagus speakernya Lumia hehe)
  8. kamera 3.15Mp dengan resolusi max 2048x1536, kualitas ya standar juga lah
  9. user interface nya asik, kagak mainstream seperti android pada biasanya apalagi android ch!na #ups
  10. gak ada layanan Google Apps sama sekali, kecuali udah di root nanti bisa di akalin, kalau belom ya cuma support google mail aja
  11. aplikasi masih minim karena cuma ada Nokia Store, tapi bisa install APK via sdcard asal kompatibel dengan android 4.1.2 saja
  12. penyimpanan standar untuk download, photo video, screenshot, bluetooth itu kesimpen di internal storage meskipun udah di pasang sdcard, karena gak ada pengaturan default storage nya, kecuali photo dan video bisa di simpan ke external langsung dimana pengaturannya ada pada menu settings di aplikasi cameranya sendiri
  13. BBM ready jangan khawatir wkwk :v tapi versi BBM di Nokia Store untuk saat ini masih versi 1.0.xxxx kalau mau update terus tinggal cari di google aja apk-nya BBM yang untuk ICS versi terbaru terus install deh via sdcard. saya udah nyoba BBM versi 2.1.0.40 cuma bug di shop stickernya kalau di buka langsung Force Close BBM nya :'(
  14. layanan HERE Maps sangat membantu nih! ini MAPS nya nokia tapi bisa digunakan secara OFFLINE *kalau sudah di download data Maps nya
  15. gak kaya android lainnya yang di bawah layar ada 3 sampai 4 tombol, ini cuma ada 1 aja broo (kayak ipon jadinya) dimana kalau di pencet sekali itu tombol BACK/kembali, dan kalau pencetnya di tahan/hold itu tombol menuju ke HOME
  16. aplikasi yg lagi kita pakai terus kita hold tombol yang di bawah layar tadi nanti apps nya akan masuk ke Fastlane, ini fitur khasnya Nokia X (yang sepertinya mengambil dari Nokia Asha hehe), dimana semua notifikasi beserta recent Apps akan ter-list di Fastlane tersebut, tidak akan muncul di status/notification bar seperti pada android lainnya
  17. di lockscreen menampilkan notifikasi masuk (belum di buka) yang juga terdapat pada Fastlane, dan kalau play music akan ada tombol navigasi music nya juga di lockscreen
  18. layar lumayan bening ada proximity sensor nya yang bisa ngatur kecerahan otomatis sesuai kondisi ruang/cahaya
  19. untuk browsing saya test Nokia Browsernya dengan standar di html5test.com score nya 463, ini di atas score browser standar KitKat yg cuma 428
  20. nah kalau pake Nokia browser misal kita buka Link (dalam sebuah halaman) itu link gak akan langsung kebuka, ada delaynya beberapa detik dulu, kalau ga kebuka-buka tinggal tahan (hold) pas linknya, terus pilih open in new window
  21. getarnya mulus dan ga risih

tambahan bagi yang masih penasaran dan bertanya-tanya apakah sudah ada tukang oprek nya?
oke cukup sekian dulu, semoga bermanfaat :)


Dilarang Copy-Paste konten untuk di share ulang TANPA se-izin penulis!

“Be a Smart & Creative Blogger!”

Copyright © Agung Pambudi